Sebelum membuat RPP tntuny pemataan skkd n silabus jg uda dibuat kn???
Nah ini contoh rpp..
gratis untuk dibaca.. hikhikhikhik
gratis untuk dibaca.. hikhikhikhik
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 1 Kuta Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Multimedia
|
Mata Diklat
|
:
|
Menggambar Kunci Animasi
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI (sebelas)/ 3 (ganjil)
|
Pertemuan Ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Menguasai
Cara Menggambar Kunci untuk Animasi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1 Mengidentifikasi Syarat Animasi
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan
definisi dan sejarah animasi
2.
Mengidentifikasi
syarat animasi storyboard,layout dan instruksi sutradara atau lembaran kamera
yang sesuai.
3.
Mengidentifikasi
semua syarat animasi yang relevan dari pecahan waktu dan suara.
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menjelaskan
definisi dan sejarah animasi
2. Siswa
mampu mengidentifikasi syarat animasi storyboard,layout dan instruksi sutradara
atau lembaran kamera yang sesuai.
3.
Siswa mampu mengidentifikasi
semua syarat animasi yang relevan dari pecahan waktu dan suara.
II.
Karakter
Siswa yang diharapkan
1.
Displin
2.
Kreatif
3.
Rasa ingin tahu
4.
Bersahabat/ komunikatif
5.
Tanggung
jawab
III.
Materi
Pembelajaran
-
Pengertian
Animasi
-
Sejarah
Animas
-
Syarat
Animasi :
IV.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab/ diskusi, penugasan, demonstrasi
V.
Skenario
Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
No
|
Struktur
|
Kegiatan
pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
awal
|
1.
Guru menyampaikan salam pembuka, menanyakan kehadiran
siswa/ absensi.
2.
Guru
menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran.
|
2
|
Kegiatan
inti
|
1. Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan awal siswa
tentang animasi
2. Guru memberikan salah satu
contoh kegunaan animasi dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Guru menjelaskan definisi animasi
sesuai dimensi
4.
Guru menjelaskan sejarah singkat
animasi
5.
Guru menjelaskan perkembangan animasi
Indonesia
6.
Guru menjelaskan unsur-unsur animasi
7.
Guru menjelaskan syarat animasi
8.
Guru
memberikan tanggapan terhadap kinerja siswa
9.
Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum
berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
2.
Guru
memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta
memberitahukan agar siswa mempelajari materi tersebut.
3.
Guru menyampaikan salam penutup
|
VI.
Alat/
Bahan/ Sumber Pembelajaran
- Alat : Seperangkat papan
tulis, komputer, laptop, dan LCD
- Bahan : Perangkat lunak presentasi (Slide Show), buku panduan
pembuatan animasi, software multimedia pembuat animasi.
- Sumber :
_____.http://kurnia.nireblog.com/post/2010/10/16/kumpulan-materi-multimedia-smk
_____.http://freezcha.wordpress.com/2009/09/28/awal-munculnya-animasi/
_____.
http://freezcha.wordpress.com/?s
= perkembangan+animasi+ di+indonesia&submit=Search
_____.http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia5.pdf
VII.
Penilaian
- Teknik : Tes Tulis
- Bentuk Instrumen : Tes Uraian
- Contoh Instrumen :
- Soal
1.
Bagaimanakah
perkembangan animasi di Indonesia?
2.
Sebut
dan jelaskan 3 syarat animasi!
3.
Sebutkan
masing-masing 2 contoh film animasi 2D dan 3D!
- Penilaian
1. Perkembangan animasi di Indonesia
(bobot=3; skor maksimal=12)
Kriteria
|
Skor
|
a.
Penjelasan
perkembangan animasi di Indonesia benar jelas dan lengkap
b.
Penjelasan
perkembangan animasi di Indonesia benar dan jelas tapi kurang lengkap
c.
Penjelasan
perkembangan animasi di Indonesia benar tapi tidak lengkap dan jelas
d.
Menjelaskan
perkembangan animasi di Indonesia tapi salah
e.
Tidak menjawab
pertanyaan
|
4
3
2
1
0
|
2. Syarat Animasi (bobot=3; skor
maksimal=12)
Kriteria
|
Skor
|
a.
Menyebut dan
menjelaskan 3 syarat animasi dengan benar dan tepat
b.
Hanya menyebut
dan menjalaskan 2 syarat animasi dengan benar dan tepat atau menyebutkan 3
syarat animasi dengan benar tapi penjelasanya kurang tepat
c.
Hanya menyebut
dan menjelaskan 1 syarat animasi dengan benar dan tepat atau hanya
menyebutkan 2 syarat animasi dengan benar tapi penjelasanya kurang tepat
d.
Menyebutkan dan
menjelaskan syarat animasi tetapi salah
e.
Tidak menjawab
pertanyaan
|
4
3
2
1
0
|
3. Contoh film 2D dan 3D (bobot=4;
skor maksimal=16)
Kriteria
|
Skor
|
a.
Menyebut
masing-masing 2 contoh film 2D dan 3D dengan benar dan tepat
b.
Hanya menyebut
masing-masing 1 contoh film 2D dan 3D atau hanya menyebutkan 2 contoh film 2D
atau 3D dengan benar dan tepat
c.
Hanya
menyebutkan 1 conth film 2D atau film 3D
d.
Menyebutkan contoh
film 2D atau 3D tapi salah
e.
Tidak menjawab
pertanyaan
|
4
3
2
1
0
|
Skor yang diperoleh tiap soal = bobot x skor
Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar